Gembel Terdidik

Situs SIAKAD STAIN Malikussaleh Tidak Terindex Google

Situs SIAKAD STAIN Malikussaleh Tidak Terindex Google - Saat ini perkembangan teknologi semakin cangih, awal Tahun 2015 Akademik STAIN Malikussaleh Lhokseumawe terus berusaha untuk mampu memberikan informasi kampus yang lebih efektif dengan kemajuan sarana teknologi saat ini. Sebelumnya akan saya jelaskan dulu tentang siakad-online.

SIAKAD-Online (Sistem Informasi Akademik - Online) adalah Suatu sistem Informasi Akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online, seperti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurrikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus.

Secara umum penggunaan siakad ini dalam kalangan Mahasiswa STAIN Malikussaleh Lhokseumawe untuk keperluan melihat jadwal kuliah, melihat Kartu Hasil Studi (KHS), pengisian KRS, dan lain nya seperti yang sudah disebutkan diatas.

Namun sangat disayangi Siakad-Online milik STAIN Malikussaleh Lhokseumawe hingga saat ini masih belum Terindex (terbaca/ditemukan) dimesin pencarian Google, artinya jika siakad tersebut belum terindex google maka segala Informasi dari Akademik kampus Stainmall ini tidak akan tersampaikan kepada setiap Mahasiswa, Dosen, dan Staff jika mereka mencoba mengakses situs tersebut.

Lebih aneh nya lagi, ketika saya mencoba menelusuri alamat situs Siakad Stainmall secara lengkap dengan menuliskan siakad.stainmall.ac.id pada pencarian Google namun sama sekali tidak ditemukan, malah yang terindex oleh mesin pencarian Google adalah situs web yang beralamatkan stainmall.ac.id, berikut saya lampirkan bukti dengan gambar :

 

Jika kita analogikan bagaikan seorang petugas kirim surat kantor pos yang sudah datang ke sebuah rumah pada alamat yang tepat, namun rumahnya yang tidak ada. begitu juga mahasiswa ataupun dosen disaat ingin menelusuri informasi akademik stain lewat intertnet namun tidak ditemukan walaupun sudah menuliskan alamat yang lengkap. 

Harusnya situs Siakad Stainmall mampu diakses seperti Siakad Stain Ponorogo, walaupun tidak menuliskan alamat secara lengkap tapi sudah terindex oleh mesin pencarian Google, berikut bukti gambar kami lampirkan :


Hal lain mengenai masalah-masalah Sistem Informasi Akademik STAIN Malikussaleh Lhokseumawe lainnya dapat saya tuliskan seperti dibawah ini :
  1. Data KHS (Kartu Hasil Studi) yang terinput dalam siakad hanya Mahasiswa yang masuk perguruaan tinggi pada Tahun 2015, sedangkan Mahasiswa yang masuk pada Tahun 2014 s/d ke-Atas tidak terinput (tidak dapat melihat nilai).
  2. Begitu juga dengan pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) hanya dapat dilakukan secara Online oleh mahasiswa yang masuk perguruan tinggi pada Tahun 2015, sedangkan 2014 s/d ke-Atas tidak bisa. 
Sekian tulisan saya, semoga dapat membantu bidang Informasi Akademik STAIN Malikussaleh dalam menciptakan sarana Informasi kampus yang efektif sesuai dengan perkambangan zaman. Amiin.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Gembel Terdidik