Gembel Terdidik

5 Fungsi utama manajemen secara umum

   Fungsi manajemen dari beberapa para ahli terdapat berbagai macam perbedaan, namun dari berbagai macam perbedaan fungsi tersebut tujuannya tetaplah sama-sama untuk mencapai suatu target/tujuan yang telah direncanakan. Adapun dari beberapa persamaan fungsi manajemen menurut para ahli tersebut, dapat disimpulkan fungsi utama manajemen ialah sebagai berikut :

1. Perencanaan (planning)
    Perencanaan adalah proses memutuskan tujuan-tujuan apa yang akan dikejar selama suatu jangka waktu yang akan datang dan apa yang dilakukan agar tujuan-tujuan itu dapat tercapai.

2. Pengorganisasi (organizing)
    Pengorganisasi adalah proses pengelompokan kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan-tujuan dan penugasan setiap kelompok kepada seorang manajer, yang mempunyai kekuasaan, yang perlu untuk mengawasi anggota-anggota kelompok. Dengan cara mengorganisir, orang-orang dipersatukan dalam pelaksanaan tugas-tugas yang saling berkaitan. Tinjauan teratas dari “organizing” adalah untuk membantu orang-orang dalam bekerja bersama-sama secara efektif.

3. Pengarahan (actuating/directing)
    Pengarahan adalah mengintegrasikan usaha-usaha anggota suatu kelompok sedemikian, sehingga dengan selesainya tugas-tugas yang diserahkan kepada mereka, mereka memenuhi tujuan-tujuan individual dan kelompok.

4. Pengawasan (controlling)
    Pengawasan ialah mengevaluasi pelaksanaan kerja dan memperbaiki apa yang sedang dikerjakan untuk menjamin tercapainya hasil-hasil menurut rencana.

5. Kepegawaian (staffing)
    Kepegawaian adalah hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi, karena dalam menempatkan orang-orang yang tepat dalam berbagai pekerjaan akan menentukan kegagalan dan keberhasilan dalam organisasi.

Key : Fungsi manajemen, Fungsi-fungsi manajemen, 5 Fungsi utama manajemen.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Gembel Terdidik