Gembel Terdidik

Pengertian manajemen - Definisi manajemen

Pengertian manajemen berikut telah dijelaskan dengan seringkas mungkin, tujuan nya tidak lain hanyalah agar bagi pembaca yang ingin mengetahui manajemen dapat dengan mudah memahami tentang pengertian manajemen itu sendiri.

Kata manajemen berasal dari bahasa perancis kuno, yaitu “Ménagement”, yang berarti “Seni melaksanakan dan mengatur”.

Istilah manajemen juga berasal dari bahasa inggris “Management” yang berasal dari kata “To manage” yang artinya “Mengurus, mengatur, melaksanakan, dan mengelola”.

Ada sebagian berpendapat manajemen berasal dari kata “Manus” yang berarti “Tangan”, berarti menangani sesuatu, mengatur, membuat sesuatu menjadi seperti yang diinginkan dengan mendayagunakan seluruh sumber daya yang ada.

Selain itu, pengertian manajemen menurut Ricky W.Griffin sebagaimana yang pernah ditulis dalam bukunya yang berjudul “MANAGEMENT”. ia menyatakan bahwa Manajemen adalah proses merencanakan dan mengambil keputusan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia, keuangan, fisik dan informasi guna mencapai sasaran organisasi dengan efisien dan efektif. (Griffin, 1987).

Para ahli berbeda-beda pendapat mengenai pengertian manajemen, namun apabila kita pahami tujuan nya tetaplah sama. Berikut pengertian manajemen menurut para ahli :
1. Harold Koontz : Manajemen adalah berhubungan dengan percapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain.

2. Chaster I Bernard : “Manajemen adalah seni dan ilmu,”

3. George R. Terry : “Manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”.

4. Peter Drucker : “Dalam buku “The Principles of Management”, manajemen adalah organ yang memiliki banyak tujuan untuk mengelola bisnis serta mengelola manajer dan juga mengelola pekerja dan bekerja.”

5. Marry Parker Follet : manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
6. Richard L.Daft (2002:8) : “Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.”

7. Gordon (1976) dalam Bafadal (2004:39) : “Menyatakan bahwa manajemen merupakan metode yang digunakan administrator untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.”

    Dari pengertian manajemen yang telah dijelaskan, dan juga menurut beberapa pendapat para ahli diatas, Jika diperhatikan. Pengertian manajemen dapat disimpulkan pada dasarnya ialah : Suatu proses untuk mencapai suatu target/tujuan dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada agar lebih efektif dan efisien.

Key : Manajemen, Pengertian manajemen, Definisi manajemen.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Gembel Terdidik