Gembel Terdidik

Pengertian dari sistem, data, dan sistem informasi



Nama : Miftahul Rizky
NIM   : 142708476
MK    : Sistem Informasi Manajemen
Prodi MPI, Semester 6, unit 1.

Tulisan kali ini adalah untuk melengkapi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen yang diberikan oleh ibu Mawardaniah. M.Pd, adapun soal dari tugas tersebut ialah sebagai berikut :
  1. Buat sebuah blog/websaite : Selesai => gembel-terdidik.blogspot.com/
  2. Macam-macam istilah dalam dunia internet => Click Untuk Baca
  3. Jelaskan pengertian dari sistem, data, dan sistem informasi => Click Untuk Baca
  4. Uraikan sejarah perkembangan sistem informasi => Click Untuk Baca
Jawaban No.3 


Pengertian Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara di mana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Pengertian Data
Data ialah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Beberapa definisi tentang data dari sudut pandang yang berbeda-beda:

1. Menurut berbagai kamus bahasa Inggris-Indonesia, data diterjemahkan sebagai istilah yang berasal dari kata “datum” yang berarti fakta atau bahan-bahan keterangan.
2. Dari sudut pandang bisnis, data bisnis (business data) adalah deskripsi organisasi tentang sesuatu(resources) dan kejadian (transactions) yang terjadi (business data is an organization’s description of things (resources)and events (transactions) that it faces). 
3. Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi. 
4. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Kesatuan nyata adalah berupa suatu objek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.

Pengertian Sistem Informasi
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Posting Komentar

  1. Strange "water hack" burns 2 lbs overnight

    Over 160000 men and women are using a easy and secret "liquid hack" to drop 2lbs every night in their sleep.

    It is very easy and works with everybody.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Get a drinking glass and fill it half the way

    2) And now learn this amazing HACK

    so you'll be 2lbs lighter in the morning!

    BalasHapus
  2. Do you realize there is a 12 word sentence you can say to your man... that will induce intense emotions of love and impulsive appeal to you buried inside his chest?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, adore and look after you with all his heart...

    12 Words Will Trigger A Man's Desire Impulse

    This impulse is so hardwired into a man's genetics that it will drive him to try better than before to build your relationship stronger.

    In fact, triggering this powerful impulse is absolutely important to having the best ever relationship with your man that once you send your man a "Secret Signal"...

    ...You'll instantly find him expose his soul and heart for you in a way he's never experienced before and he'll distinguish you as the only woman in the universe who has ever truly appealed to him.

    BalasHapus
  3. Your Affiliate Money Making Machine is ready -

    And making profit with it is as simple as 1 . 2 . 3!

    Here are the steps to make it work...

    STEP 1. Input into the system which affiliate products you intend to promote
    STEP 2. Add some PUSH button traffic (this ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system grow your list and sell your affiliate products all for you!

    So, do you want to start making money???

    Click here to start running the system

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama
Gembel Terdidik