Gembel Terdidik

Cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup di android saat instal aplikasi


Cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup di android saat instal aplikasi - perasaan kesal pasti muncul dibenak setiap orang saat sedang asik instal aplikasi malah tiba-tiba muncul peringatan "ruang penyimpanan tidak cukup" perangkat tidak memiliki cukup ruang untuk mengunduh. Padahal yg anda ketahui ruang penyimpanan/memori android anda masih cukup banyak. 

Hal demikian sering terjadi, biasanya disebabkan karena memori penyimpanan anda ditempatkan oleh sistem, terkadang sistem menyimpan aplikasi yang anda instal di memori ponsel bukan pada Memori SD. Bayangkan jika anda memiliki memori ponsel yang sudah penuh kemudian sistem mencoba untuk menyimpan kembali di memori ponsel, maka wajar saja muncul peringatan "ruang penyimpanan tidak cukup".

Biasanya ketika muncul peringatan "ruang penyimpanan tidak cukup" anda disaran kan untuk menghapus aplikasi atau konten yg tidak anda butuhkan lagi lalu mencoba kembali. Nah simak langkah berikut.
Cara mengatasi peringatan "ruang penyimpanan tidak cukup" di android saat instal aplikasi :

1. Kelola Penyimpanan Anda Secara Tepat
Buka Pegaturan ponsel anda, lalu pilih Penyimpanan, kemudian pilih Lokasi Pemasangan yang disukai. Maka anda ubahlah lokasi pemasangan aplikasi agar disimpan dimemori penyimpanan yang sesuai atau yg belum penuh. Kemudian coba lagi instal kembali aplikasi yg di inginkan.

2. Kelola Aplikasi : Pindahkan Aplikasi ke Memori yang Belum Penuh
Buka Pengaturan ponsel anda, pilih Kelola Aplikasi, lalu lihatlah semua aplikasi yang telah diinstal diponsel anda, kemudian buka satu persatu aplikasi, klik Pindahkan Ke Memori SD. Kemudian coba lagi instal kembali aplikasi yang di inginkan.

3. Hapus Aplikasi atau Konten yang Tidak Dibutuhkan Lagi.
Cara ini adalah alternatif terkahir bila langkah 1 & 2 setelah dicoba namuh masih gagal. Cara nya sama seperti langkah ke 2, kemudian pilih Copot Pemasangan.
Selamat mencoba semoga berhasil.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Gembel Terdidik