Gembel Terdidik

Alat-Alat Pendidikan dalam Prespektif Islam

BAB 1
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah

    Dalam lingkungan pendidikan, dibutuhkan lingkungan yang kondusif. Lingkungan sosial dan lingkungan alam yg kondusif akan menjadikan peserta didik semakin kreatif-mandiri.

    Diantara yang bisa digunakan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif adalah alat-alat pendidikan. Sebagai komponen pendidikan, alat dan media dapat membantu dan bahkan terkadang dalam hal tertentu ia bisa menggantikan peran pendidik dalam proses pembelajaran. Terlebih lagi dengan perkembangan teknologi saat ini, semua yang dahulu dirasa sulit menjadi mudah, yang jauh menjadi dekat, dan yang membutuhkan waktu lama menjadi bisa diselesaikan dengan cepat.

B.    Rumusan Masalah

•    Hakikat alat dan media dalam pendidikan
•    Tujuan alat pendidikan
•    Pendidikan dengan alat

BAB II
PEMBAHASAN


A.    Hakikat alat dan media dalam pendidikan

   
    Alat-alat pendidikan sering disebut peralatan pendidikan, yang dalam banyak kasus menjadi rancu karena dipersamakan dengan media pendidikan. Alat (device) bisa disebut dengan hardware atau perangkat keras, yang berfungsi untuk menyajikan pesan. Sementara bahan (materials) atau perangkat lunak (software) didalam nya terkandung pesan-pesan yang perlu disajikan, baik dengan bantuan alat penyaji ataupun tanpa alat penyaji. Keduanya tidak lain adalah media pendidikan.
   
    Intinya alat pendidikan ialah suatu sarana dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan dengan menggunakan bantuan berupa peralatan yang dapat mempermudah tercapainya proses belajar yang lebih baik.
 
B.    Tujuan alat pendidikan

    Alat pendidikan memiliki tujuan yang bermacam-macam sesuai kebutuhan, adapun tujuan alat pendidikan secara umum yang dapat kami simpulkan ialah sebagai berikut :
   
•    Untuk menyampaikan pesan dari si pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat peserta didik.
•    Sebagai alat bantu mengajar bagi pendidik (teaching aids).
•    Sebagai alat penyalur pesan dari pemberi pesan (pendidik, penulis buku, prosedur dan sebagainya) ke penerim pesan (siswa/pelajar/peserta didik).
•    Untuk mewakili pendidik dalam hal-hal tertentu dengan lebih teliti, jelas, dan menarik.
•    Dan membantu dalam mencapai tujuan belajar lainnya.

C.    Pendidikan dengan alat
 
Media dan alat pendidikan tentu saja dibuat sesuai dengan kebutuhan, namun jika alat dan media pendidikan tersebut benar-benar mampu membantu kesuksesan pendidikan, maka media dan alat nya menjadi hal yang harus dilakukan.
 
Dalam buku solusi islam atas problematika umat, tulisan Adi Sasono dkk membagi pendidikan dengan alat menjadi dua, yaitu sebagai berikut :
 
1)    Alat-alat pendidikan lahiriah
Sebagian lembaga pendidikan banyak yang menggunakan sistem klasikal, maka alat-alat lahiriah ini sangatlah diperlukan karena pengajaran merupakan bagian penting dari pendidikan.
Dan perlu diperhatikan bahwa hendaknya alat-alat ini memenuhi kelayakan, seperti luasnya kelas disesuaikan dengan kapasitas murid, ventilasinya dapat menyalurkan hawa yang bersih, suasananya tenang. Demikian juga dengan alat-alat lainya seperti papan tulis, meja, dan bangku, hendaknya disesuaikan dengan jenis siswa yang masih kanak-kanak sampai yang dewasa.
 
2)    Alat-alat pendidikan batiniah
Pembahasan tentang alat-alat pendidikan batiniah ini mencakup kurikulum, metode pendidikan, dan disiplin.
•    Kurikulum
   
    Kurikulum ialah kumpulan pelajaran yang harus diajarkan kepada murid dan harus dikuasainya untuk mencapai tujuan pendidikan. Secara umum kurikulum dibagi menjadi dua, yaitu kurikulum dalam sekolah (intra kurikuler) dan kurikulum luar sekolah (ekstra kurikuler).

•    Metode pendidikan

    Metode pendidikan ialah mengadakan aplikasi agar peserta didik mengetahui, memahami, menghayati, dan meyakini materi yang diterima sehingga mampu membuat perubahan dalam sikap dan minat serta memenuhi nilai dan norma.
    Unsur yang penting untuk diperhatikan dalam membuat metode pendidikan islam adalah dasar agamais, biologis, dan psikologis.

•    Disiplin
   
        Dalam pendidikan islam memiliki tempat tersendiri sebagai sumber belajar yang belum bisa digantikan oleh alat atau media pendidikan lain, khususnya untuk sebagian disiplin ilmu, seperti ilmu tajwid yang harus diajarkan secara mushafafah (berhadap-hadapan antara pendidik dan peserta didik) dengan tujuan yaitu untuk menjaga kualitas bacaan peserta didik.

BAB III
PENUTUP

 
Kesimpulan

    Pendidikan ialah suatu sarana dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan dengan menggunakan bantuan berupa peralatan yang dapat mempermudah tercapainya proses belajar yang lebih baik.

    Tujuan alat pendidikan :
•    Untuk menyampaikan pesan dari si pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat peserta didik.
•    Sebagai alat bantu mengajar bagi pendidik (teaching aids).
•    Sebagai alat penyalur pesan dari pemberi pesan (pendidik, penulis buku, prosedur dan sebagainya) ke penerim pesan (siswa/pelajar/peserta didik).
•    Untuk mewakili pendidik dalam hal-hal tertentu dengan lebih teliti, jelas, dan menarik.
•    Dan membantu dalam mencapai tujuan belajar lainnya.

    Pendidikan dengan alat dibagi menjadi dua, yaitu :
•    Alat pendidikan lahiriah
•    Dan alat pendidikan batiniah

Daftar Pustaka
Sasono, Adi, Solusi Islam Atas Problematika Umat (ekonomi, pendidikan, dan dakwah) , Gema Insani Press, Jakarta Juli 1998.
Roqib, Moh, Dr, M.Ag , Ilmu Pendidikan Islam : Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyrakat , PT.LkiS Printing Cemerlang, Yogyakarta Juni 2009

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Gembel Terdidik